Ancaman Radikalisasi bagi Bangsa Indonesia

Label:

Radikalisme merupakan Ancaman Riil yang Bisa Menceraiberaikan Sendi-Sendi Kehidupan Masyarakat

Radikalisasi dapat terjadi secara individu maupun komunitas, dan seringkali dikaitkan dengan keagamaan.  Misalnya teror BOM di Solo, bisa saja merupakan radikalisasi gerakan tertentu, sehingga harus diantisipasi dan diwaspadai semua pihak.

Wapres menilai kecenderungan radikalisme masih saja tidak mau pergi, baik di Tanah Air maupun di negara-negara lain. Ia berpendapat konflik antarperadaban justru semakin intensif, bahkan mendasari konflik-konflik antarkelompok atau antarbangsa di masa mendatang. Padahal, ucapnya, bila membiarkan radikalisme mengambil alih alur pemikiran, akan mengarahkan pada kehancuran.

Kecenderungan adanya radikalisme ini sangat berbahaya jika kita biarkan berkembang luas. Radikalisme adalah ancaman riil yang bisa menceraiberaikan sendi-sendi kehidupan masyarakat,

Entah, berapa banyak korban yang meregang nyawa dengan sia-sia karena kegagalan umat manusia menggunakan akal sehat, yang sebetulnya merupakan karunia terbesar bagi kita dari Sang Pencipta

Untuk menghambat radikalisme pemerintah melalui Kemenag RI harus menambah jam belajar agama, dan Kemendiknas mengubah kurikulum beberapa mata pelajaran. Diharapkan dengan pelaksanaan program tersebut moral anak bangsa perlahan-lahan dapat diperbaiki ke arah yang lebih baik, yang tentunya berpengaruh terhadap pembangunan bangsa dan negara.


0 komentar:

Posting Komentar