Sikap Warga Negara yang Tidak Demokratis

Label:

Sikap Warga Negara yang Tidak Demokratis


Berikut contoh-contoh sikap warga negara yang tidak demokratis
1. Tidak bisa menerima masukan
2. Tidak bisa menerima kritik
3. Datang selalu terlambat, sehingga menghambat jalannya rapat
4. Tidak memiliki konsep
5. Memaksakan kehendak
6. Tidak minta persetujuan dari anggota.
7. Pimpinan memutuskan tampa pesetujuan anggota.
8. Banyak pendapat tetapi tidak di poting.
9. Dll

 Untuk membangun suatu tatanan masyarakat yang demokratis dan berkeadaban, maka setiap warga negara haruslah memiliki karakter atau jiwa yang demokratis juga. Ada beberapa karakteristik bagi warga negara yang disebut sebagai warga yang demokrat. Yakni antara lain : 
  • RASA HORMAT DAN TANGGUNG JAWAB
Contoh bertanggung jawab : mengakui kesalahan yang telah kita buat dan menanggung hukuman yang seharusnya/sesuai. 
  • BERSIKAP KRITIS
Contoh bersikap kritis : menumbuh kan sikap anti korupsi pada diri kita , tidak memihak dan teliti akan suatu hal yang dihadapi
  • MEMBUKA DISKUSI DAN DIALOG
Contoh  Membuka Diskusi Dan Dialog : Tidak segan-segan membuka diskusi dan berdialog bersama sama bila dalam suatu kelompok terjadi perbedaan pendapat dan dalam berdikusi dan berdialog kita harus bisa berskap sabar dan menghargai pendapat dari orang lain agar masalah tersebut bisa terselesaikan tanpa ada pihak yang tersakiti.
  •  BERSIFAT TERBUKA
Contoh Bersifat Terbuka : Dalam suatu perdebatan ucapan lisan sesuai dengan kenyataan dan tidak ada hal yang ditutup – tutupi agar tidak ada pihak yang dirugikan dan tersakiti
  • RASIONAL
Contoh Rasional : Suatu perusahaan mengadakan rapat seorang atasan lebih memilih karyawan A dari pada karyawan B karena karyawan A pendapatnya lebih masuk akal atau lebih tepat dari pada karyawan B, dalam berpendapat dan mengambil keputusan kita harus pikirkan secara matang matang dan secara nyata apakah pendapat dan keputusan kita tepat sesuai kenyataan dan tidak ada pihak yang di rugikan.
  • ADIL
 Contoh Adil : Sifat seorang ibu yang tidak membedakan kasih sayangnya kepada anaknya, pada pengadilan  Seorang penjahat harus  diadili sesuai kejahatannya walaupun penjahat tersebut orang yang berduit.
  • JUJUR
 Contoh Jujur : Bicara apa adanya sesuai dengan fakta apa bila ada seseorang yang menanyakan  tentang suatu hal kepada kita, dan mau mengakui kesalahannya tanpa ada sedikitpun kebohongan. 
    

 

0 komentar:

Posting Komentar